Sabtu, 25 April 2009

പ്രോഗില്‍ IPPNU

Profil IPPNU PDF Print E-mail

Thursday, 21 February 2008

Dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa dan negara, eksistensi (keberadaan) dan peran generasi muda (khususnya kaum pelajar) merupakan realitas yang diperhitungkan. Dengan berbekal idealisme dan sebagai sebuah potensi bangsa yang independen, pelajar telah menunjukkan peran langsung dalam proses perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Dewasa ini, kaum pelajar masih dan akan terus berperan aktif memberikan sumbangsih bagi usaha-usaha mempercepat proses terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional yang terangkum dalam Pancasila dan UUD 1945 (yang diamandemen), disamping juga turut berperan dalam mewujudkan demokratisasi bangsa Indonesia.

Keberadaan dan peran aktif kaum pelajar tersebut, harus senantiasa diperbarui dan dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman dalam pembangunan. Tentu saja agar pelajar dapat lebih berperan secara optimal, maka mereka perlu terus dibina melalui berbagai kegiatan kegiatan dalam wadah kepemudaan dan kepelajaran, salahsatunya adalah IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama). IPPNU adalah organisasi badan otonom dibawah naungan Nahdlatul Ulama, sekaligus sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia dengan ciri khas di bidang keagamaan, kemasyarakatan, kepelajaran dan kepemudaan.

Sebagai badan otonom NU, IPPNU dituntut untuk senantiasa mensukseskan program-program NU di kalangan santri, pelajar, dan remaja, baik sebagai wadah penempatan kader maupun interaksi sosial kejuangan dengan nilai-nilai keagamaan, ahlusunnah wal jama’ah. Sedang sebagai organisasi sosial kemasyarakatan pemuda, IPPNU diharapkan berperan aktif mensukseskan program-program pemerintah dibidang pelayanan, khususnya kepada pelajar, pada seluruh aspek kehidupan. Karenanya pengembangan organisasi IPPNU harus senantiasa memenuhi kebutuhan anggota dan masyarakat di satu sisi, dan kepentingan berbangsa dan bernegara di sisi yang lain. Di samping sebagai banom dan ormas, keberadaan IPPNU menempati posisi yang strategis, dimana didalamnya mempunyai cita-cita mulia yakni menciptakan kader-kader bangsa yang bertakwa kepada Allah Swt, berilmu, berakhlak mulia, berwawasan kebangsaan dan bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya faham Ahllussunnah wal Jama’ah dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 hasil amandemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran untuk ipnu ippnu